Friends of Abdul Halim Utama (AHU) in SMPN 1 Bogor

2007/06/06

Analisa Keberadaan Abdul Halim Utama di Forum Kaskus (Bag. 1)

Abdul Halim Utama (AHU), ketika itu masih warga kelas 1-A di SMU Negeri 1 Bogor, paling tidak memulai kiprahnya di dunia maya pada bulan Februari 2002 dengan bergabung di forum Kaskus yang terkenal dengan berbagai topik kontroversial, termasuk muatan mesumnya. Ia mendaftar forum tersebut dengan dua username yaitu milikbersama dan smunsa.

Menurut analisa tim editor, mungkin ketika itu AHU bersama rekan-rekannya membuat satu account untuk dipakai bersama, milikbersama, untuk mengamati apa saja yang ada di dalam forum Kaskus. Setelahnya, AHU memutuskan untuk membuat account baru bernama smunsa untuk dipakainya sendiri, pada hari yang sama.

Sesuai catatan yang diperoleh tim editor, AHU pada awalnya aktif di forum Kaskus dengan username smunsa. Walau demikian pencatatan di mana saja AHU aktif berdiskusi di dalam forum tersebut sangat terbatas mengingat forum Kaskus sempat berganti versi board dan sempat pindah domain sehingga data sebelum terjadinya proses tersebut tidak dapat diperoleh. Didapatkan fakta bahwa account smunsa terakhir aktif adalah tahun 2005 silam dengan jumlah tulisan yang cukup banyak dan melalui account ini, AHU membeberkan betapa ia tidak menyukai bakso selot (menurut keterangan, selot adalah tempat biasa anak muda nongkrong dan terletak di dekat SMA Negeri 1 Bogor) karena penjualnya sombong.

Sementara itu pada pertengahan tahun 2006, melalui account lainnya, milikbersama, AHU tampak sering berdiskusi mengenai topik game komputer Operation Flashpoint (OFP) 2 dan sering berdiskusi di bagian Disturbing Picture pula. Demikian pada topik seputar Universitas Padjadjaran mengingat AHU saat ini terdaftar sebagai mahasiswa jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Ada pula keterangan yang diperoleh pada pembahasan seputar Juba the Sniper, AHU mengakui bahwa ia sering mengirim video Juba the Sniper di fasilitas YouTube hingga ia akhirnya di-ban dari YouTube. Diketahui pula AHU sempat mencari tahu mengenai alat-alat kimia analisis macem gas kromatografi, spektro, HPLC dan AAS dengan imbalan GRP. Bicara soal GRP, tidak diketahui apa yang telah membuat account milikbersama mendapatkan reputasi buruk sesuai dengan mekanisme tulisan kiriman yang ada di forum Kaskus. Dan fakta lain yang patut diketahui bahwa uang lebaran yang diperoleh AHU sering dipakai untuk membeli buku-buku fiksi karya RL Stine, yang terkenal di tanah air dengan seri buku Goosebumps-nya.

Menurut analisa tim editor, account milikbersama pada masa itu hingga tulisan ini ditulis, terutama dipakai oleh AHU sehingga rerata tulisan yang ditulis cukup menggambarkan AHU. Tidak diperoleh keterangan apakah rekan-rekan AHU yang turut serta dalam proses pendaftaran account milikbersama juga memakai account ini untuk berdiskusi di forum Kaskus. Walau demikian tidak menutup kemungkinan bila account ini masih dipakai oleh rekan-rekan AHU mengingat sempat account ini dipakai untuk bertanya seputar alat-alat kimia analisis. Memungkinkan pula bila AHU dititipkan pertanyaan seputar hal tersebut untuk kemudian ditanyakan di bagian jurnal ilmiah. Tentu saja ini berlaku dikarenakan AHU sendiri adalah lulusan IPS dari SMU Negeri 1 Bogor dan kuliah di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran sehingga kemungkinan AHU untuk tertarik dengan subjek kimia analisis adalah hampir mendekati nol. Tim editor tidak mendapatkan alasan mengapa account ini mendapatkan reputasi buruk, yang apabila di forum Kaskus berarti pemilik account telah membuat tulisan yang tidak layak, tidak sesuai topik, dan atau cenderung merusak suasana, semisal berbuat spam. Hal ini dikarenakan terbatasnya catatan tim editor seputar kiprah AHU melalui account milikbersama di forum Kaskus.

Menurut analisa lebih lanjut, dengan minimnya aktivitas AHU dalam jangka waktu empat tahun, dapat dipikirkan bahwa tujuan AHU berada di forum Kaskus adalah lebih sebagai pengamat. Kemungkinan besar, dan terbukti rerata member Kaskus cabutan juga berbuat demikian, bahwa AHU mengamati bagian-bagian mesum dan gambar-gambar disturbing yang ada di forum Kaskus. Cukup kontradiktif, atau mungkin saja tidak berkorelasi, mengingat AHU juga aktif berdiskusi seputar masalah Palestina di forum Kaskus.

Sesuai pengamatan tim editor, diketahui pula bahwa dalam 2 bulan belakangan ini, terlihat AHU aktif terutama pada pagi hingga siang hari, dengan rerata pukul 11 siang WIB (SD = 2 jam), walau tidak diketahui durasi AHU berada di forum Kaskus. Sesungguhnya waktu-waktu ini kurang sesuai dengan jam aktif mahasiswa ketika. Tidak diketahui apakah AHU memang tidak mengikuti kegiatan kuliah atau ujian kemudian berkecimpung di dunia maya pada jam-jam tersebut, atau account milikbersama ketika itu sedang tidak dipakai oleh AHU. Menurut data yang diambil dari rekan AHU, diketahui pula bahwa AHU sudah lebih kurang 1 bulan tidak mengikuti kegiatan perkuliahan dan diduga AHU menggunakan uang kuliah untuk berkecimpung di dunia maya.

Kedua hal tersebut mungkin berhubungan tetapi validitas kedua data tersebut masih perlu dipertanyakan. Namun demikian diketahui sebelumnya, dan telah dikonfirmasi, bahwa AHU pernah tidak mengikuti kegiatan perkuliahan selama 1 semester karena lupa membayar biaya semester. Hal ini mungkin dapat memperkuat dugaan bahwa AHU kembali lalai dalam mengikuti perkuliahan dan cenderung memilih berkecimpung di dunia maya untuk mengisi waktunya.

Untuk melengkapi analisa tim editor seputar keberadaan AHU di forum Kaskus, dalam pengamatan berikutnya dibutuhkan fasilitas yang lebih baik untuk mencatat aktivitas AHU seperti dengan mencari donatur Kaskus agar fasilitas tertentu dapat terbuka di forum Kaskus sehingga memudahkan pencatatan. Kemudian perlu juga dilakukan wawancara terhadap beberapa member Kaskus mengenai persepsi mereka terhadap account milik AHU yaitu milikbersama dan smunsa, untuk mengetahui lebih jelas kiprah AHU di forum Kaskus dari aspek interaksi sosial. א

1 comment:

Anonymous said...

haha yang nanya2 kimia analisis mah pasti temenya si halim itu, bukan dia