Friends of Abdul Halim Utama (AHU) in SMPN 1 Bogor

2008/05/08

Abdul Halim Utama went to LPT UI

Dari sumber terpercaya Abdul Halim Utama (AHU) Watch, dikatakan bahwa AHU sedang berdaftar ke Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI).

Tujuan LPT UI dapat dilihat pada kutipan berikut:
Dilandasi keyakinan bahwa setiap individu menyimpan potensi yang unik, LPTUI memfokuskan keberadaannya untuk membantu menelusuri dan mengaktualisasikan potensi individu di berbagai tahapan usia dan di berbagai konteks kehidupan, yaitu di pekerjaan, di dalam proses pendidikan, maupun di dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. LPTUI mengolah berbagai pendekatan dan teknik yang dikembangkan di pusat ilmu psikologi Universitas Indonesia menjadi berbagai layanan untuk dimanfaatkan organisasi maupun individu. Misi kami adalah mendampingi individu mengungkap dan mengaktualisasikan potensi sepanjang hayat.
Dan bidang pelayanan LPT UI diantaranya dapat dilihat dalam bagan berikut:


Dan berikut penjelasan daripada layanan LPT UI tersebut:
  1. PSIKOLOGIS Berbagai aplikasi metode asesmen psikologis untuk keperluan seleksi dan pembinaan karyawan.
  2. PELATIHAN Serangkaian pelatihan untuk meningkatkan efektivitas pribadi karyawan di tempat kerja, membangun komunikasi efektif, melatih kepemimpinan, menciptakan sinergi tim, dan untuk membekali personel unit SDM dengan keterampilan yang diperlukan.
  3. KONSULTASI ORGANISASI Beragam intervensi untuk membantu organisasi memahami karyawan, membangun sistem-sistem SDM stratejik, dan melakukan rekayasa budaya.
  4. KONSELING Sesi konsultasi perorangan untuk memberdayakan individu dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
  5. KONSULTASI EDUKASI Konsultasi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan bagi siswa, pengajar, maupun sistem pengajaran.

Sesuai analisa dari tim editor AHU Watch, kemungkinan besar AHU sedang menjalani layanan konseling nomor 4 dan 5 mengingat kemungkinan masalah-masalah yang kerap muncul dalam kehidupan AHU. Nomor 4 mungkin apabila AHU mengalami konflik-konflik dalam dirinya sebagai anak mami ataupun sering dihardik oleh kawan-kawannya, sementara nomor 5 karena nampaknya AHU berulang kali mengalami kegagalan semenjak memasuki bangku kuliah sehingga ia dikirim oleh orangtuanya (kecil kemungkinan ia datang untuk konsultasi edukasi atas kemauan dirinya sendiri).

Demikian karena apabila AHU hendak mendapatkan sertifikat setelah menjalani layanan nomor 2 yakni pelatihan, ia pun belum lulus kuliah jadi kemungkinan ini sangat diragukan. Tetapi menurut narasumber tersebut, dikatakan bahwa AHU "tereliminasi" dari LPT UI tersebut. Mungkinkah sebenarnya AHU menjalani layanan nomor 2 lantas karena berbagai hal, ia pun ditolak ataupun dianggap tidak mampu mengikuti pelatihan?

Tunggu saja hasil analisa selanjutnya dari tim editor AHU Watch! א

Rekomendasi: website LPT UI

No comments: